Pembahasan Soal PPPK 2021 Guru SD Part 2



Assalamu'alaikum Wr..Wb
Berikut Pembahasan Soal-Soal PPPK guru SD Part 2 yang berfokus untuk kemampuan teknis atau Pedagogik Guru PGSD.

1. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum. . .
A. Tanggapan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

       JAWABAN : D

2. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara . . .
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar.

     JAWABAN : B

3. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut . . .
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bacaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

    JAWABAN : C

4. Yang di maksud dengan penilaian adalah . . . 
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik
B. Proses yang dilakukan untuk mengambil keputusan berdasarkan evaluasi
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria
D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik

    JAWABAN : A

5. Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas disebut penilaian . . .
A. Pre Test
B. Post Test
C. Autentik
D. Non Autentik

    JAWABAN : C

6. Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian "teman sejawat" (peer evalutation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang digunakan dalam penilaian tersebut adalah . . .
A. Skala Penilaian (Rating Scole)
B. Rubrik
C. Jurnal
D. Soal Tes

    JAWABAN : A

7. Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu ;
A. Kompetensi spiritual, kompetensi sikap
B. Kompetensi inti, Kompetensi Dasar
C. Kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan
D. Kompetensi sikap sosial

    JAWABAN : C

8. Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matematika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. Melakukan prosedur
D. Pemecahan masalah dan sikap

    JAWABAN : D

 
9. Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki mencari jawabannya adalah konsep dan strategi  ..  . .
A. Juscovery Learning
B. Induktif learning
C. Inquiry Learning
D. Cooperatif Learning

    JAWABAN : C

10. Guru membentuk kelompok-kelompok belajar dan memberikan tugas kepada tiap kelompok. Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu sehingga salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut tidak dapat diselesaikan. Karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah . . .
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. Belajar kooperatif (cooperatif learning)
    
    JAWABAN : A

11. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, kecuali....
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dan alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

    JAWABAN : D

12. Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di .... peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui . . .
A. Visual (pandangan mata) - Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata) - Kinestik (gerak)
C. Auditif (pendengaran) - Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan Kinestetik

    JAWABAN : D

13. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru . . .
A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

    JAWABAN : B 

14. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut . . . .
A. menentukan kriteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi

    JAWABAN : D

15. Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia . . .
A. 3-5 tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun

    JAWABAN : C

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Soal PPPK 2021 Guru SD Part 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel